Keberlanjutan

MANFAAT BAGI PERTUMBUHAN EKONOMI

Keberadaan Perusahaan untuk mengoptimalisasikan pemanfaatan energi panas bumi dapat memberikan dampak ekonomi tidak langsung yang positif bagi pemangku kepentingan Perusahaan. Untuk itu, Perusahaan terus meningkatkan kinerja usaha dan kinerja ekonomi untuk senantiasa memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi.

Download

MENJAGA KEBERLANJUTAN LINGKUNGAN

Sebagai Perusahaan yang mengedepankan aspek keberlanjutan, Perusahaan berkomitmen tinggi untuk menjaga keberlanjutan lingkungan melalui pengelolaan, pemantauan, dan konservasi lingkungan. Pada tahun 2017, Perusahaan kembali mempertahankan pencapaian PROPER Emas untuk Area Kamojang selama tujuh tahun berturut-turut, Perusahaan juga memperoleh PROPER Hijau untuk Area Ulubelu, dan PROPER Biru untuk Area Lahendong dan Area Sibayak.

Download

OPTIMALISASI BUDAYA KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA, DAN LINDUNGAN LINGKUNGAN

Perusahaan berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan operasional secara aman, efektif, dan efisien melalui penerapan budaya keselamatan, kesehatan kerja, dan lindungan lingkungan demi tercapainya produktifitas yang tinggi. Perusahaan berharap melalui optimalisasi penerapan budaya K3LL, dapat tercipta sistem K3LL yang melibatkan segala pihak sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan menciptakan tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif.

Download

MENDORONG PEMBERDAYAAN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT

Sebagai Perusahaan yang mengedepankan aspek keberlanjutan, Perusahaan berkomitmen tinggi untuk menjaga keberlanjutan lingkungan melalui pengelolaan, pemantauan, dan konservasi lingkungan. Pada tahun 2017, Perusahaan kembali mempertahankan pencapaian PROPER Emas untuk Area Kamojang selama tujuh tahun berturut-turut, Perusahaan juga memperolah PROPER Hijau untuk Area Ulubelu, dan PROPER Biru untuk Area Lahendong dan Area Sibayak. Di Area Kamojang, Perusahaan telah memiliki program unggulan Pengembangan Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) yang dibangun sejak tahun 2014. Program ini merupakan kerjasama antara Perusahaan dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

Download

Program Peningkatan Kualitas Pendidikan

Melalui Program Cerdas Bersama Pertamina, perusahaan membantu menyediakan dan memfasilitasi sarana dan pra-sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan, selain  itu perusahaan juga mengembangkan sarana edukasi panas bumi berupa Geothermal Education/ Information Center di area operasinya. 

Sekolah Sahabat Bumi

Dengan adanya program Sekolah Sobat Bumi, PGE Area Kamojang melakukan program pengelolaan Sekolah Dasar pada 2(dua) wilayah yaitu pada SDN Kamojang di Desa Laksana dan memperoleh penghargaan Adiwiyata di tingkat Provinsi Jawa Barat 2016 dan juga PGE SDN Lalareun di Desa Pangguh sebagai wilayah kedua dalam program pengelolaan Sekolah Dasar.

Pelatihan Guru SD se-kecamatan Ulebelu

Pada tahun 2017, kontribusi PGE dalam bidang Pendidikan dan Pelatihan antara lain menyelenggarakan pelatihan 60 guru SD dan pengambilan tema:” Be a brilliant and inspiring Teacher”. Dengan Bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dan mutu pendidikan di Tanggamus di wilayah Ulubelu

Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan melalui berbagai kegiatan diantaranya pelatihan, pembentukan dan penguatan kelembagaan di masyarakat. Beberapa program yang telah diimplementasikan antara lain kegiatan pelatihan peningkatan kualitas roti singkong rasa kopi kelompok Dahlia di Area Ulubelu, pelatihan pertukangan dan mengelas, Pelatihan produksi biji kopi kualitas dan bibit kopi unggul Proyek Karaha, pemberian mesin perontok padi kepada petani di Area Hululais, dll.

Program Peningkatan Kualitas Kesehatan

Kontribusi PGE dalam upaya peningkatan kualitas masyarakat antara lain Sehat Anak Tercinta dan Ibu (SEHATI) dalam peningkatan gizi balita dan ibu hamil serta perlengkapan sarana, pelatihan dan pendampingan kader posyandu, penyediaan air bersih dan perbaikan lingkungan.

Program Pembangunan Infrastruktur dan Kegiatan Sosial

Pada tahun 2017, PGE melakukan kegiatan pembangunan infrastruktur dan kegiatan sosial seperti perbaikan, rehabilitas sarana dan prasarana air bersih masyarakat pasca bencana alam di Kabubaten Garut, pembangunan jembatan gantung dan renovasi, pembuatan pagar sekolah.

Bangunan Jembatan Gantung di Lumut Balai

Program ini  merupakan bagian dari program Nawa Cita Presiden Republik Indonesia dengan tujuan membantu pemerintah daerah mengatasi pembangunan antar desa yang tidak merata, kesenjangan sosial dan kesejahteraan serta pengembangan wilayah tertinggal guna mempermudah akses antar desa melintasi sungai dan mendukung kegiatan harian warga desa.

Program Peduli Lingkungan

Dalam pengembangan dan keberlangsungan bisnis PGE di Indonesia, PGE melakukan program peduli lingkungan dangan berbagai macam kegiatan seperti penanaman pohon, reboisasi sekitar wilayah Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH), penanaman Pohon dalam rangka Rehabilitas DAS dan penanaman pohon endemic, program pengembangan bank sampah dan juga penerapan lampu desa tenaga surya.

Penghargaan

Komitmen dan konsistensi PGE dalam menciptakan nilai baik secara ekonomi, lingkungan, maupun masyarakat mendapatkan apresiasi positif dari berbagai pihak.